Path: Top Jurnal ICTech Vol. 12 No. 2 Oktober 2017

Sistem Pendukung Keputusan Persetujuan Kredit dengan Pemanfaatan Information Gain untuk Pembobotan Atribut Klasifikasi K-Nearest Neighbour

Journal from ICTech
Oleh : Ivandari, Tria Titiani Chasanah, M. Adib Al Karomi, STMIK Widya Pratama (ivandarialkaromi@gmail.com, adib.comp@gmail.com)
Dibuat dengan 1 file

Keyword : Akurasi KNN, Seleksi Fitur, Rekomendasi Persetujuan Kredit

Kredit merupakan salah satu perilaku ekonomi modern. Dalam prakteknya kredit dapat berupa peminjaman sejumlah uang atau pembelian barang dengan proses pembayaran secara bertahap dan dalam jangka waktu yang telah disepakati. Kondisi perekonomian yang kurang mendukung serta kebutuhan masyarakat yang tinggi membuat masyarakat memilih membeli barang dengan proses kredit ini. Sayangnya kebutuhan yang tinggi ada yang tidak diimbangi dengan kemampuan melakukan pembayaran sesuai dengan perjanjian awal. Kondisi ini yang memungkinkan proses pembayaran menjadi tidak lancar atau disebut juga dengan istilah kredit macet. Penelitian ini menggunakan data publik yaitu dataset kartu kredit dari UCI repository serta data private yaitu dataset persetujuan kredit dari perbankan lokal. Algoritma information gain digunakan untuk menghitung bobot dari masing masing atribut yang ada. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa semua atribut memiliki bobot yang berbeda. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa tidak semua atribut data mempengaruhi hasil klasifikasi. Misalkan atribut A1 pada dataset UCI serta atribut type pinjaman pada dataset lokal yang memiliki bobot information gain 0 (nol). Hasil klasifikasi menggunakan algoritma K-Nearest Neighbour menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sebesar 7,53% untuk dataset UCI dan 3,26% untuk dataset lokal setelah dilakukan seleksi fitur pada kedua dataset. Dari peningkatan tersebut maka Sistem Pendukung Keputusan yang dibuat hanya menggunakan atribut yang terpilih untuk meningkatkan akurasi. SPK yang tercipta dapat memberikan rekomendasi kepada manajemen berdasarkan perhitungan dan kedekatan data testing dengan keseluruhan data training yang telah ada sebelumnya.

Beri Komentar ?#() | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherICTech
OrganisasiSTMIK Widya Pratama
Nama KontakSlamet Joko Prasetiono, S.T.,M.Kom
AlamatJl. Patriot no. 25
KotaPekalongan
DaerahJawa Tengah
NegaraIndonesia
Telepon0285-427816 , 0285-427817
Fax0285-427815
E-mail Administratorp3m@stmik-wp.ac.id
E-mail CKOp3m@stmik-wp.ac.id

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Adib Alkaromi, M.Kom

Download...