Path: Top » Jurnal ICTech Vol. 11 No. 2 Oktober 2016
PENGARUH PELAYANAN KESEHATAN TERHADAP KEPUASAN PESERTA BPJS PADA PELAYANAN KESEHATAN KOTA PEKALONGAN (Studi kasus pada Rumah SAKIT UMUM BENDAN PEKALONGAN)
Oleh : Victorianus Aries Siswanto, Tri Pudji Wahjuningsih, STMIK Widya Pratama (fixvictor @ gmail.com)
Dibuat dengan 1 file
Keyword : bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati, kepuasan pasien, BPJS
Upaya pemerintah dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yaitu dengan memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat dalam bentuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Namun dalam berbagai media massa menilai bahwa masih terdapat banyak laporan yang mendera pelaksanaan BPJS. Banyak issue yang beredar di lapangan bahwa peserta BPJS Kesehatan tidak mendapatkan pelayanan yang baik. Menurut YLKI yang termuat dalam SIMPUS tanggal 25 Maret 2015 terdapat 4 hal yang menjadi keluhan masyarakat yaitu :antrian berobat yang lama dan panjang, rentang cakupan BPJS dengan opetrasional Rumah Sakit terlalu jauh, Peraturan dan kebijakan yang simpang siur dan minimnya sosialisasi. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dilakukan penelitian tentang pengaruh pelayanan kesehatan terhadap kepuasan peserta BPJS pada pelayanan kesehatan di Kota Pekalongan ditinjau dari tangible (bukti fisik), realibility (keandalan), responsiveness (daya tanggap),assurance (jaminan) dan empathy (kepedulian). Adapun analisa data yang digunakan adalah analisa regresi berganda. Hasil penelitian dari uji F didapat secara simultan (bersama) variabel bebas (bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan empati) berpengaruh terhadap kepuasan pasien BPJS, namun di lihat dari uji t (uji parsial) didapat hasil bukti fisik tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien BPJS, kehandalan berpengaruh terhadap kepuasan pasien BPJS, daya tanggap berpengaruh terhadap kepuasan pasien BPJS, jaminan berpengaruh terhadap kepuasan pasien BPJS dan empati berpengaruh terhadap kepuasan pasien BPJS
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | ICTech |
Organisasi | STMIK Widya Pratama |
Nama Kontak | Slamet Joko Prasetiono, S.T.,M.Kom |
Alamat | Jl. Patriot no. 25 |
Kota | Pekalongan |
Daerah | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |
Telepon | 0285-427816 , 0285-427817 |
Fax | 0285-427815 |
E-mail Administrator | p3m@stmik-wp.ac.id |
E-mail CKO | p3m@stmik-wp.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- , Editor: Slamet Joko Prasetiono, S.T.,M.Kom
Download...
Download hanya untuk member.