Path: Top Jurnal ICTech Vol. 9 No. 2 Oktober 2014

HUBUNGAN ANTARA DAMPAK TEKNOPOLI DENGAN KECENDERUNGAN PERILAKU PLAGIARISME DI KALANGAN MAHASISWA

Journal from ICTech
Oleh : Slamet Joko Prasetiono, S.T.,M.Kom ; Murtini, S.E.,M.Si ; Ign. F. Bayu Andoro, M.Kom, STMIK Widya Pratama ([email protected])
Dibuat dengan 1 file

Keyword : Teknopoli, Plagiarisme

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah ada hubungan antara dampak teknopoli dengan kecenderungan perilaku plagiarisme di kalangan mahasiswa. Analisa data penenlitian yang digunakan adalah Observational Analityc dengan pendekatan Cross Sectional Study dengan tujuan mengetahui tingkat signifikansi hubungan antara bebas (dampak psikologis, dampak sosial, dampak budaya dan dampak spiritual) dengan variabel terikat (kecenderungan perilaku plagiarisme. Hasil pengolahan data awal yang diperoleh dari 94 respoden yang berasal dari 6 perguruan tinggi kota Pekalongan, diperoleh informasi bahwa bahwa sebagian besar responden memiliki kecenderungan berperilaku plagiarisme yang kuat yaitu sebanyak 78 responden (82,98 persen) dan kecenderungan perilaku plagiarisme yang lemah sebanyak 16 responden (17,02 persen). Kejujuran akademik perlu dijunjung tinggi oleh mahasiswa dengan cara membentengi diri melalui pendekatan spiritual dan akhlakul karimah. Selain itu mahasiswa diharapkan mampu menghindari sifat prokrantinasi yaitu, kebiasaan menunda pekerjaan secara sengaja meskipun mengetahui bahwa penundaan itu akan berakibat buruk di kemudian hari.

Copyrights : Copyright (c) 2001 by Jurnal Ilmiah ICTech. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved.

Beri Komentar ?#() | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherICTech
OrganisasiSTMIK Widya Pratama
Nama KontakSlamet Joko Prasetiono, S.T.,M.Kom
AlamatJl. Patriot no. 25
KotaPekalongan
DaerahJawa Tengah
NegaraIndonesia
Telepon0285-427816 , 0285-427817
Fax0285-427815
E-mail Administrator[email protected]
E-mail CKO[email protected]

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Slamet Joko Prasetiono, S.T.,M.Kom

Download...