Path: Top Jurnal ICTech Vol. 8 No. 1 Januari 2013

ALGORITMA NEAREST NEIGHBOR UNTUK MENENTUKAN AREA PEMASARAN PRODUK BATIK DI KOTA PEKALONGAN

Journal from ICTech
Oleh : Devi Sugianti, STMIK Widya Pratama ([email protected])
Dibuat dengan 1 file

Keyword : area pemasaran, produk batik, nearest neighbor

Pekalongan dijuluki sebagai kota batik, batik merupkan produk unggulan Di Pekalongan terdapat 631 unit usaha batik, dengan jumlah pekerja 9.444 dan nilai investasi Rp 24.230.9207 dalam juta pada tahun 2010. Permasalahan yang sering dihadapi oleh pengusaha batik di kota Pekalongan adalah menentukan area pemasaran yang tepat untuk produk baru yang telah dibuat. Data mining dapat menguraikan penemuan pengetahuan didalam database dengan menggunakan teknik machine learning. Algoritma nearest neighbor dapat digunakan untuk mencari solusi untuk kasus yang baru dari sejumlah kasus lama, untuk mencari solusi yang hapir mirip dengan kasus lama. Variable yang digunakan untuk mengetahui area pemasaran seperti: harga, motif ,warna, model dan jenis kain.

Copyrights : Copyright (c) 2012 by Jurnal Ilmiah ICTech.

Beri Komentar ?#() | Bookmark

PropertiNilai Properti
ID PublisherICTech
OrganisasiSTMIK Widya Pratama
Nama KontakSlamet Joko Prasetiono, S.T.,M.Kom
AlamatJl. Patriot no. 25
KotaPekalongan
DaerahJawa Tengah
NegaraIndonesia
Telepon0285-427816 , 0285-427817
Fax0285-427815
E-mail Administrator[email protected]
E-mail CKO[email protected]

Print ...

Kontributor...

  • , Editor: Slamet Joko Prasetiono, S.T.,M.Kom

Download...