Path: Top » Jurnal ICTech Vol. 8 No. 1 Januari 2013
ALGORITMA NEAREST NEIGHBOR UNTUK MENENTUKAN AREA PEMASARAN PRODUK BATIK DI KOTA PEKALONGAN
Oleh : Devi Sugianti, STMIK Widya Pratama (dv1398@yahoo.com)
Dibuat dengan 1 file
Keyword : area pemasaran, produk batik, nearest neighbor
Pekalongan dijuluki sebagai kota batik, batik merupkan produk unggulan Di Pekalongan terdapat 631 unit usaha batik, dengan jumlah pekerja 9.444 dan nilai investasi Rp 24.230.9207 dalam juta pada tahun 2010. Permasalahan yang sering dihadapi oleh pengusaha batik di kota Pekalongan adalah menentukan area pemasaran yang tepat untuk produk baru yang telah dibuat. Data mining dapat menguraikan penemuan pengetahuan didalam database dengan menggunakan teknik machine learning. Algoritma nearest neighbor dapat digunakan untuk mencari solusi untuk kasus yang baru dari sejumlah kasus lama, untuk mencari solusi yang hapir mirip dengan kasus lama. Variable yang digunakan untuk mengetahui area pemasaran seperti: harga, motif ,warna, model dan jenis kain.
Copyrights : Copyright (c) 2012 by Jurnal Ilmiah ICTech.
Properti | Nilai Properti |
---|---|
ID Publisher | ICTech |
Organisasi | STMIK Widya Pratama |
Nama Kontak | Slamet Joko Prasetiono, S.T.,M.Kom |
Alamat | Jl. Patriot no. 25 |
Kota | Pekalongan |
Daerah | Jawa Tengah |
Negara | Indonesia |
Telepon | 0285-427816 , 0285-427817 |
Fax | 0285-427815 |
E-mail Administrator | p3m@stmik-wp.ac.id |
E-mail CKO | p3m@stmik-wp.ac.id |
Print ...
Kontributor...
- , Editor: Slamet Joko Prasetiono, S.T.,M.Kom
Download...
Download hanya untuk member.
File : Algoritma KNN untuk pemasaran batik (januari 2012).pdf
(317901 bytes)